12 Pantai Wisata di Kebumen yang Sayang Dilewatkan

No comment 209 views

Kebumen memiliki kelebihan tersendiri untuk wisata pantai, letaknya yang berbatasan langsung dengan samudera hindia membuatnya memiliki banyak pantai yang bisa dikunjungi. Meskipun pantai di Kebumen tidak seindah seperti Lombok atau Bali, namun pantai-pantai itu selalu ramai dikunjungi terutama saat liburan panjang. Bagi Anda yang mau pergi ke Kebumen, berikut ini ada 17 pantai yang bisa jadi pilihan Anda. Pantai di Kebumen tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Pantai Menganti

Pantai Wisata di Kebumen  

Pantai Menganti adalah salah satu pantai di Kebumen yang baru populer. Bahkan mungkin belum semua warga Kebumen pernah berkunjung ke pantai ini. Batu karang bertebaran di sepanjang menganti, ditambah tebing yang mengiasinya. Kita pun bisa menikmati pantai ini dari atas tebing atau bermain dengan ombak dibawahnya. Lokasi pantai menganti berada di Kecamatan Ayah, dari Pantai Suwuk lurus saja mengikuti jalur.

2. Pantai Suwuk

Pantai Wisata di Kebumen  

Pantai Suwuk adalah pantai di Kebumen yang paling terkenal. Hampir setiap libur panjang terutama lebaran, pantai ini sangat penuh sesak oleh pengunjung. Fasilitas di pantai suwuk bisa dibilang sangat lengkap, warung makan, toilet dan berbagai permainan sudah tersedia. Selain itu ada juga perahu wisata sebagai pilihan lain untuk menikmati pantai suwuk.

3. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan adalah pantai di Kebumen yang sudah lama populer. Sebelum pantai suwuk dibuka, pantai ini selalu ramai dan penuh sesak oleh pengunjung. Namun, saat liburan panjang kali ini pengunjung terlihat lebih sedikit. Meskipun begitu, pantai petanahan juga cukup asik dikunjungi dan tidak kalah menarik dari pantai suwuk.

4. Pantai Karang Bolong

Pantai karang bolong adalah pantai di Kebumen yang letaknya berada di sebelah pantai suwuk, disebut karang bolong karena di pantai ini ada karang bolong yang sangat besar. Untuk menuju pantai karang bolong ini pengunjung bisa menyeberang dengan perahu dari pantai suwuk atau bisa juga lurus terus melewati pantai suwuk.

5. Pantai Ayah

Pantai Ayah adalah pantai di kebumen yang dikenal juga dengan nama pantai logending. Pantai ini jaraknya cukup dekat dari objek wisata Gua Jatijajar, kurang lebih 10 kilometer. Di pantai ayah ini kita dapat menjumpai muara sungai bodo yang akan kita seberangi melalui jembatan yang dibuat oleh pengelola setempat sampai menuju pantai ayah.

6. Pantai Bocor

Pantai Bocor adalah pantai yang belum terlalu populer di Kebumen, letak pantai ini berada di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren. Pantai Bocor ini disebut juga dengan pantai setrojenar, kurang lebihnya hampir mirip dengan pantai petanahan atau suwuk yaitu berpasir hitam dan ombak yang besar. Di tepi pantai ini dapat kita jumpai berbagai arena bermain untuk anak-anak, selain itu warung-warung makan juga sudah tersedia.

7. Pantai Tegalretno

Pantai Tegalretno di Kebumen juga belum terlalu dikenal wisatawan, mungkin karena kurang promosi atau letaknya yang tersembunyi di antara pantai bocor dan petanahan. Meskipun belum terkenal pantai ini layak kalian kunjungi, terutama untuk kalian yang suka menjelajah tempat tersembunyi. Pantai Tegalretno tergolong biasa berpasir cokelat hampir putih.

8. Pantai Lampon

Buat traveler yang suka menjelajah tempat tersembunyi, di Kebumen ada pantai lampon yang bisa dikunjungi, letaknya ada di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Menuju pantai Lampon tergolong sulit, Lokasinya tertutup oleh bukit dan hiruk pikuk aktivitas nelayan Pantai Pasir, selain itu pengunjung juga harus menaiki tanjakan curam. Namun jangan khawatir, kabarnya pantai lampon sudah dikelola dengan akses yang lebih baik.

9. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale ini adalah pantai terbaru di Kebumen yang bisa kalian kunjungi, letaknya berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, tidak jauh dari Pantai Lampon. Ada banyak wahana wisata yang dimiliki pantai lampon yaitu perahu titanic, jembatan untuk foto, rumah pohon dan lain-lain. Keberadaan pantai watu bale ini menambah banyak pilihan bagi pengunjung untuk menikmati objek wisata pantai di Kebumen.

10. Pantai Pedalen

Pantai Pedalen berstatus pantai nelayan dan bukan sebagai lokasi wisata, namun tidak ada salahnya dikunjungi untuk mengeksplorasi pantai-pantai yang ada di Kebumen. Pantai Pedalen berada di teluk sempit yang dipagari karang dan batuan. Perahu nelayan berjajar rapi dan rapat di bibir pantainya. Pasir Pantai Pedalen berwarna kecoklatan dengan campuran batu kerikil kecil. Uniknya, Pantai ini memiliki air laut yang cenderung berwarna hijau tosca.

11. Pantai Lembupurwo

Terletak di Desa lembupurwo, Kec. Mirit, pantai cukup asri ini sangat cocok sebagai liburan bagi keluarga. Pantai ini berjarak 30 Km kearah tenggara Kota Kebumen, sekitar 1 Km dari jalan raya alternatif Kebumen atau jalan Daendels. Pantai ini tak jauh berbeda dengan Pantai di Kebumen lainnya. Tapi ada hal unik yang tidak dimiliki pantai lainnya yaitu adanya sebuah Laguna atau telaga payau di dekat pantai yang dipisahkan oleh hutan cemara udang.

12. Pantai Karangagung

Pantai Karang Agung terletak di desa Argopeni, kecamatan Ayah dan masuk daerah gugusan batuan karst pantai selatan Kabupaten Kebumen. Pasir di pantai ini tak begitu banyak, tidak seperti pantai-pantai lainnya. Disini lebih didominasi oleh batu-batu kecil yang berserakan. Tidak ada toilet, tempat ibadah, ataupun warung makan. Hanya terdapat satu gubuk yang dijadikan sebagai pos jaga dengan 5 orang penjaga setiap harinya. Tantangan lain yang harus Anda ketahui adalah, jarak dari tempat parkir ke lokasi, harus melewati jalan setapak sejauh 15 menit. Dan sepanjang jalan Anda akan melihat rimbunan pohon jati yang berada di bawah bukit sampai ke bibir pantai.

Leave a reply "12 Pantai Wisata di Kebumen yang Sayang Dilewatkan"